Tutorial Costum Domain Blogger – Tips Trik Blog

Banyak orang tertarik dengan kostum domain blogger tapi masih banyak pula yang belum paham betul dengannya makanya masih takut mencoba, kali ini saya akan menyajikan sebuah Tutorial Blog dalam Tips Trik Blog tentang Kostum domain blogger.

Tips Trik Tutorial Blog – Costum Domain – Komunitas Blogger Bali

Artikel ini saya dapatkan di InfoBaru yang ditulis oleh Ramadhani.

Setelah beberapa hari melakukan custom domain akhirnya berhasil juga. Memang untuk Custom Domain ini beberapa orang mengatakan, ada yang bilang susah dan juga ada yang bilang gampang-gampang saja, namun buat Anda yang belum pernah melakukan setting custome domain ini pasti akan merasa kesulitan.

Nah jika Anda berminat ingin membeli domain sendiri dan ingin membuat custom domain Blogger (blogspot) sebaiknya Anda baca terlebih dahulu postingan dari Mas Agus Ramadhani, cukup klik keuntungan dan kerugian custom domain Jika Anda masih ragu dengan Custome Domain ini bisa Anda klik link tanya jawab sebelum Custom Domain.

Memang seperti yang Mas Agus Ramadhani bilang untuk melakukan Setting Custome Domain hanya tiga (3) langkah yaitu :

  • Setting DNS Hosting
  • Setting pada Domain Manage
  • Setting pada Blogger (blogspot)

Dari ketiga langkah terebut di atas untuk Setting Custom Domain memang telah di buatkan tutorialnya secara detail oleh Mas Agus Ramadhani, namun beliau merasa kesulitan untuk menjelaskan secara detail pada langkah ke dua. Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat Custom Domain seperti 3 langkah tersebut di atas, Anda harus mencari layanan DNS Hosting gratis seperti Dnspark yang di rekomendasikan oleh Mas Agus Ramadhani jika Anda ingin yang gratis, untuk mendaftar bisa Anda klik link https://www.dnspark.net/register/ .

Cara Settingnya bisa Anda klik link Setting Custom Domain By Agus Ramadhani yang saya tanggap pada intinya di DNS Hosting Anda hanya di minta untuk memasukan Alias Record www pada Host Name dan ghs.google.com pada Destination Name dan jangan lupa pilih Typenya Cname (Canonical Name) Record.

Jika Anda tidak menemukan menu Alias Record coba Anda cari menu Common records dan jika Anda telah berhasil memasukan Alias Record maka tampilanya akan sepeti gambar di bawah ini :

Jika pada menu Summary View telah tampil gambar seperti di atas Anda tidak perlu melakukan setting yang lain-lain jika memang Anda tidak tahu. Tinggalkan dan segeralah menuju setting langkah 2 yaitu : Domain Manage. Nah pada langkah inilah yang Mas Agus Ramadhani susah untuk menjelaskanya, oleh sebab itu saya akan coba memberikan gambaranya saja ya…!!!

Kebetulan untuk membeli Domain Info-baru.com ini saya membelinya di rumahweb.com, itu pun terinspirasi dengan postinganya mas Agus Ramadhani yang berjudul Tips Memilih Nama Domain beliau menyarankan untuk membeli domain di rumahweb.com, karena Mas Agus juga membeli hosing di sana.

Biasanya setelah Anda membeli domain atu hosting Anda akan mendapat respon email dari layanan hosting dimana Anda Registrasi, dari email tersebut Anda akan di kasih informasi tentang domain Anda dan link untuk cara menggunakanya. Saran saya sebelum Anda melakukan setting Domain Manage cek terlebih dahulu apakah Menu Domain Manage masih di lock atau tidak. Jika masih di lock segeralah Anda mengirimkan email Teknisi support untuk membukakan Menu Setting DNS Domain Tersebut.

Rumahweb.com telah menyediakan tutorialnya bagaimana cara untuk Setting Name Server Domain untuk melihatnya cukup Anda klik link Mengubah Name Server Domain. Secara default pada Name Server terlihat di sana :

Name Server1=ns1.rumahweb.com

Name Server1=ns2.rumahweb.com

Karena DNS Hostingnya menggunakan Dnspark maka Anda harus mengganti sn1.rumahweb.com menjadi ns1.dnspark.net Sehingga tersusun seperti berikut :

Name Server1=ns1.dnspark.net

Name Server2=ns2.dnspark.net

Name Server3=ns3.dnspark.net

Name Server4=ns4.dnspark.net

Name Server5=ns5.dnspark.net

Setelah selesai memasukan Name Server tinggal Anda klik tombol Submit

Tentunya Anda sudah tidak sabar untuk melihat hasilnya bukan..? Jika benar coba sering-sering cek melalui komputer Anda, Caranya klik menu star – Pilih Run – pada kotak dialog Run ketik ping http://www.domainanda.com -t jika terkoneksi maka akan tampil seperti berikut :

Pinging ghs.l.google.com [66.294.81.121] with 32 bytes of data :

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Replay from 66.249.81.121 : byetes=32 time=1821ms TLL=234

Catatan : Saat Anda melakukan Pinging, komputer Anda harus terkoneksi dengan internet

Segitu saja ya gambaran dari saya, semoga bermanfaat untuk Anda..! Selamat mencoba semoga Anda Sukses melakukan Custom Domain

Baca juga artikel berikut ini :

Advertisements

2 Responses

  1. […] Top Posts Internet Gratis Pake Axis – Tips Trik InternetTrik Membuat Readmore Blogspot – Tips Trik BlogWeb Terpercaya Untuk Bisnis BlogTips Trik Internet Gratis ???Free Ebook dengan Trik InternetTutorial Costum Domain Blogger – Tips Trik Blog […]

  2. […] Posted on June 28, 2008 by komangjay Setelah pada artikel terdahulu saya telah menyajikan tentang membuat Custom Domain nah sekarang saya akan memberikan kepada anda tentang ulasan untung dan rugi menggunakan Custom […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: